Tren Marketing 2019; Gaet Influencer dan Pilih OOH yang Berinovasi

Setelah sebelumnya kita membahas 6 marketing trend di 2 artikel terpisah. Kali ini akan kami lanjutkan bahasan mengenai 2 tren lain yang dapat Anda pertimbagkan di tahun 2019.


7. Bekerjasama dengan micro influencer dan local influencer


Strategi marketing menggunakan influencer bukanlah topik baru, yang perlu Anda fokuskan di tahun 2019 adalah micro influencer dan local influencer.

Meskipun “keren” bagi Anda jika dapat bekerjasama dengan influencer atau selebritas yang memiliki jutaan penggemar di media sosial, kampanye Anda bisa hanya berlangsung singkat. Hal ini lumrah terjadi mengingat budget yang besar untuk 1 orang influencer. Di tahun 2019, Anda dapat menjajal kerjasama dengan micro influencer.


Menurut Forbes, micro influencer adalah mereka yang memiliki followers mulai dari 10.000 hingga 500.000, sementara itu SnapApp berpendapat bahwa pemilik akun dengan followers mulai dari 1.000 sudah dapat dianggap sebagai micro influencer. Tidak ada ketentuan pasti berapa jumlah pengikut minimal untuk menjadi micro influencer. Brand Anda sendiri yang menentukan, yang lebih penting adalah bahwa mereka memiliki audiens khusus dan engagement yang baik. Kelebihannya, Anda dapat melakukan kampanye dan promosi jangka panjang dengan rate micro influencer yang lebih kompetitif dibanding influencer yang sudah memiliki nama besar.




Kecuali Anda menjalankan merek global atau bisnis e-commerce, kemungkinan sebagian besar pemasaran Anda seputar daerah lokal. Cobalah bermitra dengan influencer lokal yang memiliki audiens dengan lokasi yang sama dengan preferensi Anda.




Influencer lokal yang memiliki kesamaan geografi dengan brand Anda akan “merampingkan” audiens sehingga lebih tertarget. Karenanya, local influencer merupakan pilihan yang lebih baik untuk merek lokal kecil.


Baik ke depannya Anda memilih bekerjasama dengan influencer mikro maupun lokal, hal yang perlu anda lakukan adalah mendata daftar influencer yang memiliki prospek teratas. Mereka dapat ditemukan di hampir semua sektor: yang fokus pada kesehatan dan kebugaran, makanan dan masakan, kewirausahaan atau mode dan kecantikan, dan beberapa kategori lain yang terkemuka.


8. Out Of Home Advertising dan Inovasinya

Dari tahun ke tahun, Out Of Home advertising atau dikenal dengan OOH, adalah jenis advertising yang masih menjadi andalan para marketer. Begitu pula dengan inovasinya yang terus bertambah setiap waktu.