Pentingnya Launching Untuk Masa Depan Brand Anda

Apa yang terpikirkan oleh anda ketika hendak meluncurkan produk baru yang anda buat? Tentuya adalah kematangan dan siapnya produk/jasa anda dipakai oleh konsumen. Namun agar konsumen tahu, dibutuhkan pengumuman agar konsumen tahu bahwa anda telah hadir.

Launching brand atau peluncuran brand anda ke publik menjadi hal yang sangat penting sehingga masyarakat luas mengetahui brand anda, pesan apa yang anda sampaikan, produk apa yang ditawarkan, dan bedanya anda dengan brand-brand lainnya sehingga mendorong orang menggunakan produk anda.

Mengingat launching produk itu penting, hal-hal ini sebaiknya anda perhatikan dan persiapkan agar launching yang anda buat tidak sia-sia.

1. Start Early

The sooner, the better. Lebih cepat lebih baik. Mulai lah untuk menjangkau audiens 6-8 minggu sebelum launching resmi dilakukan. Terus berikan audiens anda informasi terkini mengenai brand anda. Ini adalah cara yang tepat untuk mengetahui antusiasme audiens terhadap apa yang anda akan hadirkan. Sosial media menjadi alat yang bisa anda gunakan untuk tetap memberikan update dan memancing percakapan dengan audiens.

2. Analisa Industri

Selagi terus memberi informasi pada audiens, ini adalah saat yang tepat juga untuk menganalisa industri yang anda masuki. Ini saatnya anda untuk mencari tahu siapa pemain-pemain sejenis yang bisa menjadi kompetitor, serta nilai unik yang mereka tawarkan sehingga anda dapat menemukan celah untuk perkembangan dan nantinya akan menjadi pembeda brand anda dibanding kompetitor. Pelajari juga daya beli masyarakat yang dinamis.


3. Strategi beriklan

Jangan lupakan yang satu ini. Bagaimana pesan yang ingin anda sampaikan terus menerus ada di dekat audiens. Susun taktik untuk beriklan. Tentukan objektif kampanye yang dipilih (Biasanya awareness untuk tahap awal), kembangkan konten yang simple, namun mengena di audiens, dan tentukan medium apa yang cocok untuk iklan anda.

Outdoor atau online advertising. Iklan di televisi atau di media cetak/digital. Atau untuk tahap awal, anda bisa beriklan di sosial media seperti facebook dan instagram. Selain akan langsung menyentuh audiens, harga untuk memasang satu ads (iklan) juga relatif murah, tergantung target yang anda inginkan.

4. Gandeng Influencers

Jangkau audiens lebih jauh dengan menggandeng influencer (selebgram/selebtwit). Kehadiran mereka di sosial media selalu mengundang banyak perhatian dikarenakan pengikut mereka yang banyak.


Gunakan jasa influencer untuk mencoba produk anda dan biarkan mereka menulis review mengenai keunggulan brand anda yang nantinya akan dibaca oleh pengikut mereka di sosial media seperti Instagram, Twitter, Youtube, atau pun blog.

5. Buat Audiens Penasaran

Mereka (audiens) yang tertarik akan informasi awal yang anda berikan akan terus menunggu kapan anda akan mulai memperkenalkan produk anda.

Isi konten sosial media anda dengan konten-konten yang membuat penasaran mereka. Konten-konten seperti “Coming soon” atau sedikit foto “misterius” yang menampilkan sedikit penampakan produk dari brand anda akan mengundang rasa ketertarikan dari mereka.