"Mengulang dan Mengulang": Bagaimana Repetisi Membuat Konsumen Tidak Lupa

Repetisi atau pengulangan digunakan dalam iklan sebagai cara untuk menjaga merek atau produk diingat dalam pikiran konsumen. Repetisi akan menjadi semacam recall yang mengingatkan kembali audiens terhadap brand maupun produk Anda. Tentunya jika dilakukan dengan tepat, repetisi dalam iklan dapat menguntungkan. Beberapa hal yang perlu Anda ingat dalam melakukan repetisi adalah sebagai berikut:


Batasi pesan Anda


Untuk pengaruh yang paling kuat, pilih pesan singkat dan fokuskan untuk mengulanginya melalui lebih banyak kampanye. Pesan singkat yang dimaksudkan dapat berupa tagline yang Anda gunakan. Contoh pesan yang mudah diingat seperti tagline Sticar : drive it, earn it.




Buat rencana komunikasi reguler


Menargetkan audiens Anda dengan hanya satu kampanye saja tidak akan membuahkan hasil. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen perlu menerima pesan Anda setidaknya 7 kali. Ingat, frekuensi melahirkan keakraban, dan keakraban melahirkan kepercayaan. Sehingga sangat mungkin brand Anda dapat menjadi top of mind dalam awareness audiens.


Pengulangan meningkatkan memori


Prinsip bahwa pengulangan meningkatkan memori dapat diterapkan pada aktivitas pemasaran. Semakin banyak pesan yang ada di luar sana, semakin banyak orang cenderung mengenali keberadaan merek Anda, yang mengarah ke kepercayaan dan penjualan.




Repetisi digunakan dalam kampanye pemasaran untuk menjaga merek atau produk selalu diingat konsumen. Menggunakan kembali gambar, kata, dan pesan tertentu dapat menciptakan rasa keakraban, sehingga lebih mungkin orang akan mengingat merek Anda.


Repetisi mempengaruhi keputusan pembelian


Melakukan repetisi tidak hanya sekedar dapat membuat brand Anda dikenal konsumen namun juga dapat mendorong penjualan. Repetisi dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian. Pemasaran adalah bagian dari proses edukatif di mana pembeli belajar tentang kebutuhan mereka, solusi yang mungkin, dan kemungkinan hasilnya. Pengulangan adalah teknik kunci dalam pembelajaran, yang menjadikannya teknik kunci dalam pemasaran melalui proses pertimbangan dan pembuatan pilihan berdasarkan informasi yang diperoleh konsumen.


Gunakan beberapa channel sekaligus


Dan lingkungan digital saat ini, di mana beberapa saluran seperti situs web Anda, media sosial, video, dan iklan semuanya dapat bekerja bersama untuk berbagi pesan yang sama, membuat repetisi lebih mudah menjadi bagian dari strategi pemasaran Anda.

Jika Anda ingin melakukan repetisi periklanan, pastikan untuk mengukur frekuensi yang tepat bagi kampanye Anda. Lakukan tes dan pengukuran hasil pertama untuk merumuskan kampanye berikutnya.

Jika media iklan online menawarkan report kemajuan kampanye, hal yang sama berlaku juga untuk media periklanan offline. Pastikan tempat Anda beriklan memberikan jaminan data hasil kampanye yang dapat Anda track dengan mudah. Car advertising, menawarkan data real time dari kampanye Anda. BNI, Pegipegi, Mataharimall adalah sebagian kecil klien car advertising, Sticar yang telah melakukan repetisi dalam beriklan.

Menurut Aditya, Marketing Communication di Pegipegi, “Iklan itu harus dimana-mana, walau basic-nya Pegipegi online, kita gak bisa ngelupain OOH placement, karena kita bisa nge-reach customer lain yang nggak ke-reach di online. Selain itu untuk nge-reach customer lain, kita juga bisa memperkuat posisi kita. Semakin mau terkenal, brand itu harus beriklan.”




Bergabungnya Pegipegi dengan Sticar, dimulai dengan ketertarikan Pegipegi yang melihat car advertising sebagai media beriklan baru, konsepnya sangat inovatif dan dari segi budget, tidak terlalu mahal. Masih menurut Aditya, “Tanpa kita sadari OOH jenis car branding ini bisa melakukan penetrasi ke banyak segmen, karena kita tahu semua orang itu ada di jalan” Bahkan menurutnya, dengan beriklan selama 1 atau 2 bulan akan berpengaruh ke image brand. Ditanya tentang kelebihan layanan Sticar, bagi Pegipegi, sistem tracking yang disediakan Sticar ternyata sangat berguna untuk mengetahui efektivitas iklan dan media beriklan yang digunakan.

Anda berbisnis dan tertarik untuk memperkenalkan brand Anda menyusuri jalanan di kota-kota besar? Bergabung dengan Sticar disini.

SHARE: