Mengapa Local Influencer Perlu Anda Pertimbangkan?

Influencer lokal sangat cocok untuk merek yang memiliki fokus regional. Orang-orang ini adalah adalah pengulas produk, blogger, dll yang berbasis di area yang sama dengan bisnis Anda.


Mereka memiliki antara 1000 dan 10.000 pengikut. Followers memiliki interest yang sama dengan influencer. Mereka banyak berinteraksi dengan pengikut mereka, karena jumlah yang jauh lebih kecil dan "mudah dikelola" daripada Mega Influencer.




Berkolaborasi dengan orang-orang ini akan membantu merek Anda mendapatkan paparan yang dibutuhkan untuk tetap setara dengan pesaing Anda yang lain dan menarik pelanggan yang berkualitas - bahkan mungkin pelanggan ideal Anda.

Temukan Influencer Lokal Anda
Influencer global tidak begitu sulit ditemukan karena mereka sering berada di garis depan ranah media sosial, dan tidak mengejutkan menemukan mereka di beberapa blog populer, video YouTube, dan podcast populer sekarang dan nanti.




Influencer lokal, bagaimanapun, memegang pengaruh dalam lingkup yang lebih kecil dan mencakup wilayah yang lebih kecil. Seperti disebutkan sebelumnya, menemukan influencer lokal bisa menjadi tantangan, tetapi hanya jika Anda tidak tahu ke mana harus mencari.


Mempergunakan Media Sosial itu Sendiri

Sebelum Anda memulai pencarian untuk menemukan influencer lokal, ada baiknya melakukan pencarian awal. Cari orang yang sudah membicarakan bisnis Anda di media sosial. Dalam prosesnya, lacak setiap feedback positif dan negatif.

Alasan jelas bahwa sangat ideal untuk menemukan influencer lokal yang sudah akrab dengan merek Anda. Atau bahkan lebih baik, temukan influencer yang sudah memanfaatkan produk atau layanan Anda. Dengan cara ini, pemasaran merek Anda ke pengikut mereka sendiri akan lebih orisinil.




Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk melacak statistik semacam ini:
1. Mention: Kombinasi pemantauan sosial, analitik, dan memantau pesaing.
2. IFTTT (If This Then That): Mengirim email setiap kali seseorang menyebut merek Anda dalam umpan RSS yang dipilih untuk industri tertentu.
3. Hootsuite: Monitor media sosial secara real time. Hootsuite dibuat untuk sesegera mungkin menanggapi masalah pelanggan.
4. Google Alerts: Terima email setiap kali Google melacak menyebutkan bisnis Anda secara online.

Selain itu, jangan pernah berpikir untuk meremehkan kekuatan hasil mesin pencari - terutama Google. Hal ini berlaku untuk pencarian Anda untuk influencer lokal juga.

Tidak semua influencer lokal adalah blogger, tetapi yakinlah bahwa banyak dari mereka adalah blogger. Pertimbangkan mencari blogger yang termasuk dalam niche Anda.


Tentukan pencarian Anda sesuai dengan industri dan lokasi.

Strategi influencer lokal sejatinya adalah tentang menjangkau dan membentuk hubungan baik yang akan menumbuhkan lingkungan yang sehat untuk bisnis Anda. Di awal, tugas itu mungkin tampak sulit, tetapi ketika Anda tahu ke mana harus mencari, dan bagaimana harus bertindak, Anda mungkin menemukan bahwa itu tidak sesulit seperti yang Anda pikirkan.

SHARE: