Mengapa Copywriting yang Menarik itu Penting? Ini Penjelasannya!

Memiliki copy/naskah konten yang menarik adalah salah satu cara tercepat untuk menarik lebih banyak pelanggan. Begitu banyak perusahaan berjuang untuk mengembangkan konten yang baik, jika Anda ingin brand Anda benar-benar berbicara dengan audiens, Anda akan perlu melakukannya secara strategis dan yang terpenting, gunakan copywriting yang bagus.

Kemampuan untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk menceritakan kisah perusahaan Anda bukanlah hal yang mudah, hal ini juga lebih sulit dilakukan secara konsisten. Kita tidak hanya berbicara dalam iklan online atau media sosial, kita sedang membicarakan SEMUA konten tertulis yang Anda gunakan untuk mempromosikan brand Anda, termasuk buletin, email, iklan, outdoor advertising, selebaran, brosur, situs web, artikel, posting blog dll.

Berikut adalah enam alasan mengapa Anda harus mulai menginvestasikan lebih banyak waktu dan sumber daya ke konten tertulis Anda.


1. Gives Your Brand a Voice

Setiap merek memiliki kepribadian dan itu adalah copywriting (naskah) kreatif yang memberi perusahaan Anda suara yang berbeda: bahasa, gaya dan nada yang sesuai dengan filosofi, produk, dan bahkan merek Anda; Karakter uniknya akan bersinar melalui setiap video, komersial, tagline atau tweet. Anda mendapatkan kesempatan ini saat mengetahui dengan jelas audiens Anda, mempublikasikan informasi yang menghibur dan mendidik pembaca Anda, dan tetap konsisten di semua aset.




2. Menjadi Spotlight (Topik Pembicaraan)

Tidak banyak merek yang cukup berani untuk menggunakan humor atau copy yang tidak biasa. Padahal hal ini cenderung memiliki dampak yang besar. Dengan melibatkan emosi audiens, Anda menjadi lebih menarik dan mudah diingat. Copy yang ditulis dengan cara yang mencerminkan apa yang dipikirkan audiens Anda menarik perhatian mereka. Hal ini dapat mendorong semakin banyaknya orang yang membahas brand Anda, kemudian terlibat dan pada akhirnya meningkatkan awareness.



Coba contoh bagaimana Mataharimall menerapkan copywriting yang menarik melalui kerjasamanya dengan Sti-car. Memanfaatkan layanan Sti-car sebagai outdoor advertising yang bisa membawa iklan Mataharimall "keliling" Indonesia, Mataharimall menggunakan copywriting yang unik, singkat dan padat.


3. Mengakrabkan Anda dengan Audiens

Copy yang simple dan casual selalu lebih menarik daripada copy yang membosankan dan rumit. Dengan hanya terdengar “lebih seperti manusia”, bisnis Anda dengan cepat menjadi lebih otentik dan memiliki kepribadian. Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan dengan mendengarkan apa yang audiens Anda katakan - dan content marketing yang cerdas selalu menyertakan umpan balik pelanggan.


4. Membangun Kepercayaan dan Hubungan

Saat Anda membuat konten yang bermanfaat, menarik dan berharga, audiens Anda mengetahui bahwa mereka dapat mempercayai Anda. Copywriting yang hebat selalu memiliki cara untuk membuat orang merasa dimengerti. Hal ini memungkinkan pelanggan Anda untuk mendapatkan “rasa” dari brand Anda. Dengan begitu nilai penawaran dari brand Anda akan terjual dengan sendirinya.


5. Kata Menentukan Citra

Kata-kata Anda adalah cerminan dari merek Anda dan bahkan yang melahirkan kesan pertama. Storytelling adalah salah satu strategi terbaik untuk melakukan ini karena ini memberikan visualisasi instan tentang manfaat produk atau layanan Anda yang dibungkus menjadi cerita yang mudah diingat.




6. Meningkatkan Penjualan

Konten berkualitas mengubah prospek menjadi pembeli. Tidak peduli seberapa besar papan reklame Anda, atau berapa banyak budget beriklan di sosial media, jika copy Anda tidak menarik, maka tidak akan ada banyak audiens yang tertarik. Sebaliknya, jika copy yang Anda buat menarik dengan menggabungkan humor dan edukasi misalnya, Anda akan lebih berhasil membuat orang mencoba produk atau layanan Anda dan membangun pelanggan setia.

Keenam alasan diatas, membuktikan bahwa copywriting memegang peranan yang penting bagi bisnis Anda. Mulai sekarang Anda dapat menerapkannya pada brand Anda. Selamat mencoba!

SHARE: