Seperti Apa Media Beriklan Yang Tepat Bagi Bisnis Anda? Simak Disini

Iklan tentu dibutuhkan bagi Anda yang kini memiliki bisnis, begitu banyaknya pilihan media terkadang tidak sesuai dengan budget yang Anda siapkan, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis kecil, simak artikel ini untuk mencari tahu media mana yang paling tepat untuk Anda gunakan:

Perjelas Tujuan Iklan Anda

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari beberapa media beriklan, mari kita tinjau terlebih dahulu apa tujuan dari iklan yang mau Anda buat. Set goals (tujuan) dan matrics yang Anda harapkan dari iklan yang akan Anda buat.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis minuman ringan, Anda menciptakan sendiri resep minuman ringan tersebut dan tidak menjualnya sebagai reseller. Pada tahun kedua bisnis Anda berjalan, Anda melihat bahwa kegiatan offline marketing terkhusus kegiatan direct marketing Anda berjalan dengan baik, dan pada tahun kedua ini Anda telah mempersiapkan website serta sosial media dan berniat untuk reach lebih banyak orang lagi untuk mengetahui minuman ringan yang Anda jual melalui online marketing.

Dengan contoh kasus demikian bisa dijelaskan bahwa goals (tujuan) Anda dalam beriklan adalah untuk mendapatkan awareness dengan metrics berupa new visitor dan terkadang goals serta metrics yang Anda buat tidak hanya terpatok pada satu goals dan metrics saja, simak disini untuk informasi lebih lengkap mengenai disini goals dan metrics.

Kita sudah membahas mengenai goals dan metrics yang harus Anda mengerti sebelum memilih media beriklan yang tepat, agar proses Anda untuk memilih media beriklan berjalan lebih mudah, tiga pertanyaan sederhana dibawah ini bisa membantu Anda untuk memperjelas pilihan media beriklan Anda:

  1. Dimana target pembeli Anda?
  2. Mana media terbaik yang dapat menjangkau mereka?
  3. Mampukah saya meluncurkan kampanye yang efektif dalam menggunakan media tersebut?

Hal Lainnya Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Mengiklankan Produk Anda

  1. Budget yang Anda keluarkan tidak selalu sebanding dengan ekspektasi Anda

Terdapat banyak faktor yang menunjang keberhasilan dari sebuah kampanye iklan, dengan spending yang besar belum tentu iklan Anda menjadi efektif, demikian sebaliknya. Semua kembali lagi pada media yang Anda gunakan, penting untuk terlebih dahulu mengetahui karakteristik dari media yang akan Anda gunakan.

  1. Hasil kampanye Anda sangat berpengaruh dengan pesan yang Anda sampaikan

Ciptakan pesan yang sesuai dengan audiens dan media yang Anda pilih, faktor pemilihan pesan terkadang terkesan sederhana dan sepele padahal perihal pesan sangat berpengaruh pada objektif kita dalam beriklan dan bagaimana audiens akan menangkap pesan yang kita sampaikan. Apabila pesan kita tidak sampai tentu kita tidak dapat menggerakkan atau bahkan membuat audiens mengerti apa yang kita maksud.

  1. Hasil dari kampanye Anda akan meningkat dengan adanya pengulangan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, bahwa budget yang Anda keluarkan terkadang tidak sebanding dengan apa yang Anda ekspektasikan. Oleh maka itu, pengulangan dalam beriklan dibutuhkan. Hal demikan juga mencakup pelaksanaan A/B testing dalam beriklan, bereksperimen dan bandingkanlah hasil yang Anda dapatkan.

Setelah beberapa fase dalam meramu dan menyiapkan kampanye iklan Anda, mari kita tinjau beberapa media yang bisa menjadi pilihan Anda dalam beriklan. Terdapat dua channel jenis media yang bisa anda pilih, yakni, offline dan online. Masing-masing dari channel tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, simak dalam infografis berikut ini: