Marketing Strategy dan Marketing Plan, Apa Bedanya?

Seringkali, orang merasa bingung perbedaan antara strategi marketing dan rencana marketing. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Maka, untuk lebih memahami perbedaan keduanya, simak ulasannya berikut ini.

Strategi marketing adalah penjelasan mengenai tujuan atau goals yang ingin dicapai perusahaan melalui usaha-usaha marketing. Strategi marketing dibentuk oleh tujuan bisnis Anda. Tujuan bisnis dan strategi marketing harusnya dikuasai dengan baik.

Sementara itu, rencana marketing adalah bagaimana cara agar Anda dapat meraih tujuan marketing. Merupakan bentuk pengaplikasian dari strategi yang membantu mengarahkan dari satu poin ke poin lainnya.

Masalahnya adalah kebanyakan orang mencoba untuk mencapai "bagaimana" tanpa terlebih dahulu mengetahui "apa." Ini bisa menghabiskan banyak sumber daya, waktu dan uang perusahaan.

Ketika sampai pada marketing, kita harus selalu mengidentifikasi “apa” dan kemudian menggali “bagaimana caranya”. Yang harus Anda ingat bahwa strategi adalah “pemikiran”, dan perencanaan adalah “melakukan”. Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja sama: Jika objectives yang ingin dicapai adalah untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Maka, yang dilakukan strategi marketing adalah memperkenalkan brand ke segmen pasar baru. Sementara rencana marketing akan mengembangkan kampanye marketing yang menjangkau, mengidentifikasi dan berfokus pada segmen tertentu.


Untuk memudahkan pemahaman Anda, berikut pembedaan keduanya.

Strategi marketing terdiri dari:

  1. Apa saja yang harus dilakukan.

  2. Informasi kepada konsumen tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

  3. Informasi kepada konsumen faktor yang membedakan dengan brand Anda dengan brand lainnya

Sementara itu, Rencana Marketing terdiri dari:

  1. Bagaimana cara untuk melakukan strategi marketing.

  2. Kampanye marketing dan promosi sehingga memperoleh apa yang ada dalam strategi Anda.

Maka, implementasi yang dilakukan perusahaan yaitu mengambil tindakan untuk mencapai item yang diidentifikasi dalam strategi marketing dan rencana marketing.


Jika Anda berencana membuat strategi marketing, komponen yang harus ada adalah:

  1. External Marketing Message

  2. Tujuan Positioning Internal

  3. Objectives dan Tujuan Jangka Pendek

  4. Objectives dan Tujuan Jangka Panjang


Jika Anda berencana membuat rencana marketing, komponen yang harus ada adalah:

  1. Executive Summary - Ikhtisar tingkat tinggi tentang rencana marketing Anda.

  2. Your Challenge - Penjelasan singkat tentang produk / layanan yang akan dipasarkan dan rekapitulasi sasaran yang teridentifikasi dalam strategi marketing Anda.


    Sumber: The Balance

SHARE: