Memanfaatkan Fitur LinkedIn untuk Marketing Brand B2B

Menyadari bahwa LinkedIn berada di peringkat tertinggi dengan presentase 97% sebagai platform media sosial B2B, maka menjadi penting untuk mengelola LinkedIn dengan baik. Jika kebanyakan pemasar B2B sudah menggunakan LinkedIn, beberapa masih menggunakannya sesekali saja disaat waktu, anggaran, dan sumber daya memungkinkan, atau saat ada kampanye besar atau peluncuran produk. Padahal LinkedIn sangat potensial untuk mendukung strategi marketing perusahaan Anda.

Selain alasan diatas, masih ada banyak alasan mengapa penting bagi perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan LinkedIn, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Turn your company page into a lead generation page (Ubah halaman perusahaan Anda menjadi halaman untuk lead generation)

Cara terbaik adalah dengan mengubah halaman bisnis atau perusahaan menjadi halaman lead generation / dapat menghasilkan konversi (mendapatkan alamat, menghasilkan penjualan, dll). Halaman ini berisi informasi dan fakta dasar tentang perusahaan. Lalu siapa yang membaca halaman tersebut?

Halaman perusahaan Anda di LinkedIn potensial mengarahkan audiens ke situs web perusahaan Anda yang sebenarnya. Apa yang dapat Anda lakukan adalah menyusun halaman perusahaan Anda sedemikian rupa sehingga mengarah ke tindakan konversi. Tindakan konversi adalah klik per tayang ke situs web Anda, baik di deskripsi perusahaan atau recent updates (pembaharuan terkini).

Anda dapat memulainya dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menggunakan gambar yang menarik atau menarik minat

  • Buatlah tulisan yang jelas dan meyakinkan dalam deskripsi perusahaan Anda.

  • Buat bagian recent updates yang dapat diklik dan difokuskan pada konversi.

  1. Create a showcase page (Buat halaman Showcase)

LinkedIn menyediakan halaman showcase bagi perusahaan untuk mempromosikan brand yang merupakan ekstensi dari perusahaan.

Halaman Showcase adalah cara sempurna untuk melakukan segmentasi inbound LinkedIn traffic. Jika Anda dapat membuat unit bisnis yang terhubung langsung dengan target audiens tertentu, maka Anda perlu untuk membuat halaman Showcase. Dari halaman perusahaan Anda, klik "Edit" dan "Create a Showcase Page."


Halaman Showcase pada dasarnya merupakan custom-made untuk B2B agar menghasilkan lead lebih baik. Halaman ini dimaksudkan untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan audiens yang spesifik. Sebuah perusahaan besar seperti Salesforce memiliki beberapa halaman Showcase.


Halaman Showcase harus menargetkan satu segmen pelanggan, dan memberikan informasi yang relevan bagi mereka. Halaman Showcase Anda mendapatkan gambar header yang lebih besar, lebih banyak posting update dan tempat menghubungkan kembali ke perusahaan Anda.


  1. Use Advanced Search (Menggunakan Pencarian Lanjutan)

Setelah membahas teknis inbound untuk mendapatkan leads, berikutnya adalah bagaimana cara keluar dan menemukan prospek anda Mereka mungkin tidak menemukan Anda, tapi Anda bisa menemukannya.

Advance Seacrh atau pencarian lanjutan LinkedIn memberi Anda cara yang luar biasa untuk mengidentifikasi jenis orang yang tepat yang Anda targetkan.
Dari menu header LinkedIn, klik ikon pencarian orang, dan opsi lanjutan. Bahkan tanpa keanggotaan LinkedIn yang ditingkatkan versinya (premium account), Anda memiliki filter hebat untuk mempersempit pencarian Anda.

Aspek yang paling kuat dari Advanced People Search adalah kolom tengah, di mana Anda dapat memfilter penelusuran menurut lokasi, perusahaan saat ini, industri, perusahaan masa lalu, sekolah, bahasa profil, dan minat pada nirlaba.

Pencarian lanjutan adalah teknik tunggal yang paling kuat untuk menemukan target secara langsung.
Tapi inngatlah bahwa semakin besar dan baik jaringan Anda, semakin besar kesempatan Anda untuk menemukan prospek yang sesuai. Sementara Advance Search LinkedIn memungkinkan Anda untuk mencari jaringan secara keseluruhan, petunjuk terbaik akan datang dari orang-orang yang sudah terhubung Anda pada tingkat pertama, kedua, atau ketiga.


  1. Save searches (Simpan penelusuran)

Jika Anda telah melakukan pencarian yang sangat spesifik dan tertarget, Anda pasti ingin menyimpannya. Save serach menciptakan cara untuk tetap aktif dalam pencarian terhadap prospek Anda. Anda tahu bahwa mendapatkan lead B2B bukanlah satu-satunya aktivitas harus yang dilakukan. Anda harus menjaga konsistensi agar bisa memiliki pipeline penjualan yang mantap.
Untuk melakukan Save searches, langsung dari penelusuran lanjutan Anda, cari opsi "Simpan penelusuran" di pojok kanan atas.


  1. Search groups and start groups (Mencari dan memulai grup)

Mencari orang adalah pendekatan yang sangat detail dan terperinci untuk mencari petunjuk. Ini adalah pendekatan yang hebat, tapi ada satu lagi yang dapat Anda lakukan, dengan memanfaatkan Groups yang ada di LinkedIn.

Meskipun tidak memiliki fitur pencarian secanggih untuk menemukan orang atau perusahaan, namun Anda dapat mempersempit penelusuran menurut tingkat hubungan, kategori, dan bahasa.

Cari kelompok dengan beberapa fitur berikut:
- Sangat relevan: Kelompok ini harus sama persis dengan apa yang Anda cari dalam khalayak target.
- Aktif: LinkedIn memberi peringkat kelompok sesuai dengan tingkat aktivitas mereka, jadi yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan seberapa aktif mereka dalam hasil pencarian. Pilih grup yang "sangat aktif".

- Medium size: Tidak ada "ideal size" karena itu tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak ingin tersesat dalam kelompok besar di mana tidak ada yang akan memperhatikan Anda. Anda juga tidak ingin bergabung dengan kelompok yang memiliki terlalu sedikit orang untuk peduli. LinkedIn memungkinkan Anda menjadi anggota dari 50 grup, jadi pilihlah dengan hati-hati.

Grup LinkedIn menawarkan banyak peluang networking yang hebat. Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak lagi dari kekuatan kelompok adalah menciptakan sendiri.

Saat Anda bergabung dengan kelompok dan berinteraksi dengan kelompok, Anda dapat mengidentifikasi peluang bagi kelompok lain untuk dibentuk. Bila Anda menjadi pemilik dan moderator kelompok Anda, Anda akan mendapatkan kepemimpinan dan pengakuan di industri ini. Selama Anda memposisikan diri Anda secara otoritatif dan tidak melakukan pendekatan dengan jalur sales, Anda dapat membentuk tempat di mana audiens target Anda dapat berkumpul dan berinteraksi.


  1. Publish content (Mempublikasikan Konten)

LinkedIn memiliki platform penerbitan konten yang hebat. Jika Anda memiliki akses penerbitan, pastikan untuk menggunakan platform ini agar lebih menjangkau audiens. Sejauh ini, telah banyak keberhasilan yang dihasilkan dengan mempublikasikan konten di LinkedIn.

Bagi marketing experts, LinkedIn merupakan tempat yang tepat untuk memupuk brand awareness. Dengan memanfaatkan alat yang ditawarkan LinkedIn, mempublikasikan konten yang tepat setiap hari, dan mencari peluang membangun hubungan, pemasar akan mulai melihat hasil yang terukur.

Source: Oktopost, Kissmetrics

SHARE: