Langkah-langkah Mempromosikan Event dari A ke Z

Dalam pemasaran event ada 4 bidang dasar yang perlu Anda fokuskan agar acara Anda sukses: perencanaan, penganggaran, penentuan audiens Anda, dan pemasaran acara Anda. Berikut selengkapnya apa yang harus Anda lakukan dalam pemasaran event:


1. Mengkoordinasikan Acara

Merencanakan acara khusus membutuhkan banyak koordinasi dan kerja sama. Salah satu hal yang paling penting adalah memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang bersedia menangani aspek-aspek spesifik dari perencanaan untuk memastikan keberhasilan acara Anda. Anda harus mulai merencanakan 9 atau 10 bulan sebelumnya untuk memastikan semua elemen tertangani dengan baik.


2. Merencanakan Anggaran Anda

Anggaran acara Anda harus detail, tidak peduli seberapa kecil tampaknya. Beberapa biaya yang perlu dipertimbangkan adalah izin lokal, keamanan, tiket dan pencetakan iklan, makanan, dan persediaan umum. Anda mungkin juga harus menganggarkan dana untuk pembicara tamu atau hiburan. Bagian dari biaya acara dapat diimbangi dengan sumbangan, sponsor bisnis, maupun penjualan tiket.



3. Audiensi Untuk Acara

Tujuan acara Anda harus mencapai audiens yang ditargetkan. Misalnya, jika acara Anda adalah festival musik, Anda dapat menjangkau orang-orang yang telah menghadiri acara serupa, dan mungkin dapat menghubungi mereka melalui database. Menghubungi pemilik situs web yang mempromosikan jenis acara ini adalah titik awal yang baik. Mereka dapat mengiklankan acara Anda di situs mereka. Ini bisa menjadi nilai plus jika situs tersebut memiliki peringkat tinggi di mesin pencari dan memiliki ribuan pengunjung setiap bulan.


4. Mengkoordinasikan Kampanye Pemasaran Anda

Orang-orang ingat logo dan slogan. Koordinasikan tema kampanye pemasaran Anda dengan warna, slogan kampanye, dan logo yang menarik. Semua elemen ini harus muncul di semua iklan Anda.


5. Mempromosikan acara Anda.

Ketika Anda mempromosikan acara mendatang, Anda dapat memanfaatkan ide online dan offline untuk memastikan keberhasilan acara Anda. Apapun tujuan penyelenggaraan acara, baik untuk mencari laba atau menaikkan awareness. kunci keberhasilan mempromosikan acara adalah menargetkan khalayak yang tepat. Untuk mengidentifikasi target pasar Anda dengan tepat, Anda perlu mendefinisikannya melalui demografi seperti usia, jenis kelamin, dan pekerjaan serta psikografi seperti penggunaan teknologi, minat, dan motivasi untuk menghadiri acara Anda. Anda dapat menggunakan database dengan menganalisis data tamu yang sudah dikumpulkan dari acara sebelumnya.

Ada berbagai sarana promosi event yang dapat Anda pilih. Yang paling penting, adalah untuk mencari tahu saluran dan taktik yang paling efektif untuk menjangkau audiens Anda. Bagi orang yang lebih tua mungkin mendapat informasi lebih baik melalui metode yang lebih tradisional, sementara bagi orang dewasa dan muda-mudi dapat didekati melalui saluran digital, seperti media sosial.

Dyandra Promosindo adalah Event Organizer ternama yang telah berdiri sejak tahun 1994. Tak hanya nama yang sudah besar, Dyandra juga dipercaya untuk menyelenggarakan acara-acara besar, salah satunya adalah Indonesian Motor Show. Menyadari perlunya strategi marketing khusus, selama 2 tahun berturut-turut, yaitu tahun 2017 dan 2018, Dyandra mempercayakan Sticar untuk menjadi rekanannya dalam mempromosikan IMS melalui car branding.