Kiat Menumbuhkan Engagement yang Baik dengan Pelanggan

Alih-alih menerapkan model tradisional, menumbuhkan engagement di masa kini adalah dengan menceritakan kisah, mendorong percakapan, dan menangani kebutuhan dan minat pelanggan. Tujuannya adalah untuk melibatkan pelanggan dalam hubungan yang lebih mendalam dan berkelanjutan dengan produk atau merek tertentu. Motto dalam membangun engagement dengan pelanggan adalah, “Jangan tanya bagaimana Anda dapat menjual, tetapi bagaimana Anda dapat membantu.” Berikut kiat-kiat sukses untuk menumbuhkan engagement yang baik dengan pelanggan.


  1. Pengalaman Pelanggan adalah Prioritas

Terobsesi dengan pelanggan Anda adalah kunci. Ini dimulai dengan budaya perusahaan Anda dan memastikan adanya tim yang melayani dukungan pelanggan Anda. Sebagai garis depan bisnis Anda, fokus Anda adalah untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Ini tentang melihat semua pelanggan Anda dan memberikan layanan yang maksimal tidak peduli apakah mereka bernilai $ 1 atau $ 1 M untuk bisnis Anda. Ingat, dalam jangka panjang, pelanggan Anda yang akan menentukan pendapatan Anda.

Beberapa contoh customer experience yang baik seperti dari segi komunikasi, Anda dapat menawarkan call center yang tanggap menjawab keluhan. Dari sisi penjualan, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang nyaman dengan menanyakan tingkat kepuasannya.




  1. "Memanusiakan" Brand Anda

Di atas segalanya, penting untuk memahami bahwa setiap pelanggan ingin merasakan bahwa Anda memahami kebutuhan mereka dan mereka dapat berhubungan dengan brand Anda. Ini akan terasa lebih mudah bagi merek dengan konsumen “menyenangkan” seperti Nike daripada merek yang lebih konservatif seperti bank atau perusahaan B2B. Nyatanya, bisnis-bisnis ini dapat dimanusiakan tanpa berusaha memeras diri menjadi pribadi yang dibuat-buat yang tidak akan sesuai dengan audiens mereka.proses yang mengarah ke keintiman dan advokasi. Ini bukan transaksi tunggal, tetapi percakapan yang sedang berlangsung. Anda tidak dapat mengharapkan pelanggan untuk aktif hanya ketika Anda memiliki produk untuk diluncurkan. Anda harus memiliki kehadiran yang konstan


  1. Personalisasi Komunikasi bagi Pelanggan

Banyak bentuk personalisasi yang dapat Anda terapkan, mulai dari email ucapan selamat ulang tahun yang dikirimkan secara otomatis hingga algoritma canggih yang merekomendasikan produk berdasarkan riwayat penelusuran.

Gunakan quiz untuk mendapatkan insight personal dari konsumen potensial. Ini merupakan ide brilian untuk membantu menemukan apa yang benar-benar mereka cari terutama pilihan-pilihan yang sering membuat mereka bimbang.




  1. Menciptakan Konten yang Berguna

Menggunakan konten untuk mengedukasi pelanggan adalah strategi engagement pelanggan yang sebelumnya kurang dimanfaatkan tetapi kini semakin umum untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan kepuasan.

Menurut penelitian Google, 48% pengguna smartphone lebih cenderung membeli dari perusahaan yang situsnya menyediakan konten instruksional, terutama dalam bentuk video.




5. Mendengarkan Masukan

Meskipun terkadang sulit untuk mendengarkan, umpan balik negatif dari pelanggan yang jujur dapat menjadi salah satu pendorong terpenting untuk perubahan dalam suatu perusahaan. Lakukan evaluasi, perbaiki produk serta performa Anda dalam melayani konsumen sesuai dengan masukan yang mereka berikan.


6. Diskon dan voucher

Menunjukkan perhatian ke pelanggan bisa dengan berbagai cara, tak hanya sekedar ucapan ulang tahun saja, Anda bisa memberikan penawaran menarik seperti voucher dan diskon.

Mister Aladdin, layanan online travel agent bekerjasama dengan Sticar menawarkan potongan diskon 10% bagi pelanggan untuk pembelian tiket hotel, pesawat dan kereta api. Kode diskon dapat ditemukan di armada-armada Sticar yang berkeliling ke penjuru Jakarta.




Kerjasama seperti ini membuka peluang keterlibatan pelanggan, dimana setelah pelanggan melihat iklan yang dikampanyekan, pelanggan seolah mendapat “reward” khusus berupa potongan diskon tersebut.


Kiat-kiat di atas dapat Anda terapkan agar brand Anda memiliki engagement yang baik dengan pelanggan. Yang penting untuk diingat adalah selalu berupaya memberikan layanan terbaik Anda, maka pelanggan akan memberikan kepercayaan dan loyal terhadap Anda.

SHARE: