Ketahui Tren Marketing 2018 Agar Anda Tak Salah Strategi


Ketahui Tren Marketing 2018 Agar Anda Tak Salah Strategi

Dengan bergantinya tahun, brand Anda tentunya akan melakukan penyelarasan dalam beberapa hal, tak terkecuali dalam bidang marketing. Salah satunya, mungkin Anda akan memerlukan penyusunan strategi marketing yang baru. Dalam penyusunannya, Anda dapat mengadaptasi trend marketing. Trend marketing yang berubah setiap tahunnya menjadi penting untuk menjadi pertimbangan agar marketing yang Anda lakukan nantinya dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai perkembangan zaman.

Untuk memaksimalkan marketing yang dilakukan oleh brand Anda, gunakan platform digital dan non digital sekaligus. Pertimbangannya dengan menggunakan kedua kanal ini, hasil jangkauan audiens akan lebih luas. Jika melihat trend masa kini, menunjukkan bahwa cara menjangkau audiens dapat dilakukan melalui kanal online. Namun tentunya, online marketing perlu diimbangi dengan offline marketing. Sejatinya, offline marketing masih tetap memiliki dampak yang tinggi, apalagi dengan konsep bahwa salah satu trend marketing offline yaitu iklan luar ruang mampu menyasar audiens saat mereka berada diluar rumah. Apalagi dengan mobilitas masyarakat yang terbilang tinggi, hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan brand Anda.

Berikut 6 trend marketing di tahun 2018 yang dapat Anda aplikasikan pada brand Anda:

DIGITAL

  • Content Marketing

Salah satu trend marketing yang menjadi highlight di tahun ini adalah content marketing. Content marketing adalah strategi yang bertahan lama. Tidak ada strategi jangka panjang yang lebih baik daripada content marketing. Berikut alasannya:

  • Menarik lalu lintas baru.

  • Mendorong interaksi situs lebih jauh

  • Membangun reputasi Anda.

  • Semakin banyak orang melihat konten Anda, semakin mereka akan mengingat merek Anda

  • Mendorong kepercayaan pada merek Anda.

  • Mendorong konversi

  • Dapat membuat aliran pendapatan yang terpisah. Jika konten Anda cukup kuat, Anda dapat menampilkannya sebagai layanan terpisah dari perusahaan Anda, seperti e-book yang diperluas.


Jika Anda mampu membuat konten yang penting atau sesuai dengan trend dan bentuk materi penyampaian yang kekinian maka akan cenderung menarik banyak pengunjung. Cari konten yang sifatnya everlasting dan jika ingin menyesuaikan dengan perkembangan zaman, Anda selalu dapat merapikan post lama dengan beberapa informasi baru yang relevan. Karena konten secara teoritis bisa bertahan selamanya, ia tidak akan pernah kehilangan nilai, menjadikannya investasi jangka panjang yang sempurna. Jika Anda masih ingin tahu mengapa content marketing penting, Anda bisa membacanya disini

.

  • Social Media Marketing

Merupakan trend baru yang kemunculannya sejalan dengan makin banyaknya jenis sosial media dan jumlah penggunanya. Kelebihannya yaitu potensi dari social media untuk mencapai konsumen sekaligus target konsumen dengan preferensi yang dapat disesuaikan, dengan biaya yang cukup terjangkau.

Alasan mengapa social media marketing penting sebagai berikut:

- Membantu Anda mengeksplor konsumen dan target Anda

- Membuka Pasar Baru

- Membantu menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial.

- Membantu meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine

Selengkapnya mengenai social media marketing, dapat Anda baca disini.

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO penting karena berpengaruh pada traffic website Anda. Semakin sering website Anda diketahui oleh publik, maka brand awareness akan terus meningkat. Selain itu traffic website juga merupakan salah satu parameter dalam mengukur keberhasilan marketing. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa SEO memiliki sumbangsih bagi suksesnya marketing brand Anda.


NON DIGITAL

  • OOH Advertising (Iklan Luar Ruang)

Out-Of-Home Advertising didasari kesadaran bahwa manusia beraktifitas diluar rumah, serta adanya tempat-tempat tertentu yang tidak terjamah iklan komersil. OOH Advertising bisa menjangkau audiens yang luas karena ada dimana-mana dengan bentuk yang beragam. Saat ini, pilihan OOH semakin banyak. Di Indonesia sendiri, sudah ada layanan beriklan yang dapat memperkenalkan brand Anda dengan berkeliling di jalanan kota-kota besar dengan hadirnya platform online car branding. Metode ini membuat iklan luar ruang dapat dilacak keefektifannya secara digital.

Contoh saja, ketika Simpang Susun Semanggi belum dapat diakses untuk beriklan jenis lain, car advertising sudah dapat masuk dan memapar audiens di jalan baru tersebut. Tetunya menjadi lebih menguntungkan memilih beriklan jenis ini, karena tidak statis di satu tempat saja. Dengan kondisi jalanan Ibukota yang padat dan seringkali macet, iklan yang ditampilkan di kaca belakang mobil hingga body keseluruhan akan menarik audiens untuk melihat iklan Anda. Selain menggunakan medium mobil, Anda juga dapat beriklan di sepeda motor. Kelebihannya, jelas kendaraan ini cukup gesit untuk membawa brand Anda ke jalan besar hingga gang kecil sekalipun. Hal lain yang juga penting, biaya untuk beriklan terbilang jauh lebih terjangkau dibandingkan biaya billboard yang bisa mencapai ratusan juta. Selengkapnya mengenai OOH advertising dapat Anda baca disini.

  • Partnership

Kemitraan bisa berarti bisnis Anda akan memiliki akses ke pasar baru, menghalangi pesaing (melalui kontrak eksklusif) atau meningkatkan loyalitas pelanggan. Diperlukan pertimbangan dengan siapa brand Anda akan bekerjasama. Temukan relevansi, misalnya audiens dari partner Anda merupakan target dari brand Anda.

Yang harus Anda ingat, membangun partneship harus didasari kerjasama yang jelas, apa saja kewajiban dan kontraprestasi yang diperoleh oleh masing-masing pihak.

  • Komunitas

Memasuki era digital saat ini, peran komunitas menjadi semakin penting. Komunitas dapat menjadi media ampuh untuk strategi marketing. Karena dapat melibatkan pelanggan secara aktif dan tanpa kesan memaksa, menciptakan suatu aliran percakapan dan informasi yang bermanfaat, baik bagi perusahaan, konsumen, maupun pasar.

Lewat komunitas para pelanggan bisa lebih mudah berinteraksi dengan sesama pelanggan, menghubungkan pelanggan dengan non-pelanggan, menciptakan loyalitas yang lebih dalam, dan membantu perusahaan agar bisa mendapatkan input berharga dalam usaha meningkatkan kualitas produk atau layanannya.

Komunitas juga dapat membantu automation brand Anda. Saat brand Anda mengadakan event tertentu, dengan merangkul komunitas maka partisipasi akan tinggi dan hal ini mendorong awareness brand Anda.


SHARE: