Yang Harus Diperhatikan dalam In house Marketing

In-house marketing atau pemasaran internal adalah kegiatan pemasaran perusahaan yang ditangani oleh karyawan perusahaan. Tidak ada atau hanya beberapa individu atau organisasi eksternal yang terlibat dalam proses pemasaran. In-house marketing memiliki beberapa keunggulan, sebagai berikut:


1. Pemahaman yang mendalam tentang merek dan produk

Nilai plus untuk in-house marketing adalah bahwa tim tersebut sudah akrab dengan produk, filosofi, dan budaya perusahaan. Oleh karena itu, mereka dapat dengan mudah menentukan pendekatan mana yang paling berhasil bagi perusahaan. Tim Anda tahu yang terbaik - apakah itu topik paling pas untuk ditulis, kata kunci terbaik untuk digunakan, atau cara paling akurat untuk menggambarkan target Anda.



2. Dedikasi

Karena tim pemasaran Anda bekerja secara eksklusif untuk perusahaan Anda, mereka menaruh lebih banyak dedikasi dalam pekerjaan mereka. Keberuntungan perusahaan Anda juga merupakan keberuntungan mereka. Dedikasi dan minat dalam pekerjaan adalah dorongan ekstra untuk motivasi anggota tim Anda, yang dapat Anda manfaatkan.


3. Ikatan Kuat

Bekerja sebagai tim untuk mencapai tujuan perusahaan hari demi hari benar-benar dapat mengikat orang-orang untuk bersama. Oleh karena itu, topik pemasaran yang relevan dapat dengan mudah didiskusikan, dan semua orang dari tim terlibat karena mereka semua ingin bergerak maju. Jadi, menciptakan semangat tim yang baik dapat berdampak positif pada hasil tim Anda.



4. Komunikasi Cepat

Tim internal memungkinkan jalur komunikasi yang jauh lebih cepat karena Anda semua bekerja bersama di tempat yang sama. Bahkan jika Anda memiliki pekerja jarak jauh di tim Anda, Anda setidaknya dapat memberi tahu mereka dengan cepat, dan mengharapkan waktu respons yang cepat. Bekerja dengan agency sering mengharuskan Anda menjadwalkan pertemuan dengan beberapa orang sekaligus yang bisa jadi sangat sulit.
Memiliki saluran komunikasi yang langsung dan cepat memungkinkan Anda untuk menyiapkan dan menjalankan kampanye lebih cepat dan untuk menanggapi tren pemasaran yang akan datang dengan lebih fleksibel.


Tidak dapat dipungkiri bahwa in-house marketing memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dan tips untuk menyiasatinya.


1. Terlalu Banyak Rutinitas

Anggota tim hanya bisa fokus pada satu area tunggal, yang akan mereka pertahankan untuk waktu yang sangat lama. Melakukan banyak hal secara bersamaan atau multitasking tidak mudah untuk dilakukan. Fokus yang terpecah adalah salah satu momok yang mengancam kurang maksimalnya kinerja tim Anda.



2. Kurang pengalaman

Jika Anda menggunakan jasa agency untuk melakukan pekerjaan pemasaran Anda, keuntungannya adalah bahwa mereka memiliki banyak pengalaman pemasaran — tidak hanya di satu bidang tetapi di berbagai jenis perusahaan. Mereka mungkin sudah terbiasa memiliki klien dari bidang yang serupa dengan Anda, sehingga mereka tahu cara membuat strategi terbaik untuk perusahaan Anda.


3. Kekurangan Sumber Daya

Untuk menghasilkan konten pemasaran berkualitas tinggi dan menjalankan kampanye iklan yang luar biasa, Anda memerlukan banyak pakar. Ketika Anda tidak memiliki bakat di dalam perusahaan Anda, Anda harus menyewa agency. Agency menggunakan orang-orang dengan talenta kreatif dalam industri pemasaran, sehingga mereka dapat memberi Anda sumber daya yang memenuhi standar perusahaan.


4. Perspektif tua yang sama (kurangnya inovasi)

Mendapatkan masukan dan saran dari tim agency sering membawa ide-ide baru dari sudut pandang yang benar-benar baru. Tim internal mungkin telah terbiasa dengan kebiasaan dan filosofi perusahaan yang mereka bahkan tidak berpikir di luar kotak, yang terkadang dapat menjadi hambatan.


Dengan keterbatasan yang sangat mungkin terjadi, Tim Anda membutuhkan bantuan profesional lain untuk memaksimalkan strategi pemasaran brand Anda. Jika Anda belum berminat memakai jasa agency seutuhnya, Anda dapat menggunakan jasa advertising secara parsial.

Percayakan pada pihak ketiga yang memiliki kredibilitas dan kemampuan yang mumpuni. Sticar dapat membantu Anda yang ingin menangani marketing brand sendiri, khususnya untuk solusi aktivasi brand luar ruang (outdoor). Anda dapat mengiklankan brand Anda dengan konten dan desain sesuai keinginan. Memonitor hasil kampanye dengan sistem real time yang disediakan.

Pada akhirnya yang harus diingat bagi Anda yang menjalankan in-house marketing adalah memaksimalkan kinerja tim internal, namun tetap membuka peluang kerjasama agar tujuan perusahaan dapat tercapai.


SHARE: