Visual dan 6 Hal Penting Dalam Menjaga Identitas Brand

Ciptakan Identitas Brand Yang Solid

Visual sebagai salah satu hal krusial dalam keberlangsungan brand Anda

Di era digital dimana perputaran informasi terjadi begitu cepatnya telah berdampak sangat besar pada keberlangsungan hidup manusia, hal ini tentu mempengaruhi banyak sekali aspek dalam kehidupan manusia. Perubahan yang mutlak ini tidak hanya terjadi dari segi aspek psikologis manusia saja namun juga pada aspek bisnis. Komunikasi tidak lagi sederhana, media-media baru bermunculan, menciptakan ekosistem baru dalam kehidupan manusia untuk berkomunikasi.

Berubahnya pola seseorang untuk berkomunikasi, semakin canggih teknologi dan munculnya media-media baru adalah beberapa faktor mengapa sebuah brand ditantang untuk tetap eksis mendefinisikan jati diri mereka.

Rupanya faktor digitalisasi dan globalisasi yang sudah disebutkan diatas merupakan salah satu alasan mengapa pemain utama pasar berupaya lebih untuk terus mengidentifikasikan brand mereka.

Mengapa Visual dalam brand penting untuk diperhatikan?

Visual merupakan salah satu elemen dalam identitas brand Anda yang akan senantiasa diingat oleh pasar, hal ini menjadikan visual sebagai salah satu elemen krusial dalam branding. Menurut sebuah penelitian sebuah konten visual lebih cepat diserap oleh otak, sebab sebanyak 70% reseptor sensor berada di mata dan 50% bagian otak bekerja lebih aktif saat memproses visual sehingga proses penerimaan visual 60.000 kali lebih cepat daripada tekstual sehingga dapat disimpulkan bahwa Visual lebih mudah dipahami oleh otak manusia.


ilustrasi | pexels.com

Lantas, apa yang perlu diperhatikan dari Visual sebagai identitas brand?

Ada beberapa poin yang dapat Anda perhatikan agar brand Anda dapat mencapai positioning yang brand Anda harapkan, perlu dingat proses untuk mencapai positioning merupakan proses jangka panjang, namun dengan memperhatikan beberapa elemen dalam brand Anda tentu akan membantu brand Anda untuk mencapai positioning yang Anda harapkan. Identitas visual seperti apa yang akan menjadi berkesan bagi pasar?

Berikut 6 hal yang harus Anda perhatikan ketika membangun identitas visual untuk brand Anda:

  1. Keunikan & Mudah dikenali

Menjadi menonjol dan diingat oleh pasar, pastikan brand Anda memiliki keunikan sendiri, jadikan brand Anda nampak ekslusif, berkarakter dan berpaten ketiga hal tersebut akan menjadikan brand Anda lebih mudah dikenali dan diingat oleh pasar.

  1. Konsisten & Kesetiaan

Membangun brand yang baik tidak selalu mengenai menjadi yang unik dan beda, terdapat proses lainnya yang perlu anda perhatikan guna menciptakan positioning yang lebih kuat. Salah satunya adalah menjadi konsisten dengan identitas visual brand Anda.

  1. Keberlanjutan & Tren

Dalam membentuk brand sebaiknya desain Anda tidak didikte oleh trend, identitas brand Anda tidak bisa hanya mengandalkan logo, warna, atau garis visual aja. Proses pembentukan identitas brand Anda harus dilandasi oleh karakte dan ideologi yang kuat sebagai formula yang tahan lama.

  1. Adaptabilitas & Perubahan

Apabila pada poin sebelumnya kita telah membahas mengenai tren, namun dilain sisi brand yang baik adalah brand yang dapat beradaptasi. Selain mempertahankan nilai identitas brand, Anda juga harus tetap mencari celah untuk tetap eksis.

  1. Interkoneksi & Koherensi

Membentuk sebuah identitas brand terdiri dari beberapa komponen yang harus di elaborasikan, sama halnya dengan sebuah jam tangan, semua detail, komponen dari segi fungsi dan estetik pada suatu jam akan serentak menampilkan waktu yang akurat dan dilain sisi tetap memberikan kesan tertentu pada penggunanya kesan tersebut bisa nampak ekslusif, sporty maupun feminim. Pada brand semua elemen atau komponen yang ada akan saling bekerja untuk membuat suatu brand semakin solid. Pahami bahwa interkoneksi dan koherensi akan menghasilkan kepercayaan pasar pada brand.

  1. Universalitas & Niche

Di pasar global dimana dimana kita dihadapkan pada tantangan universalitas, anda akan menemui pertanyaan: “haruskah brand dapat berbicara pada siapa saja dan dengan budaya yang berbeda-beda?” Semakin universal suatu brand maka semakin besar keunggulannya dalam persaingan.

Marc Kandalaft dalam artikelnya di Entrepreneur mengatakan bahwa salah satu hal terpenting adalah untuk melakukan analisa dan memahami terlebih dahulu yang kemudian mengaplikasikannya pada proses berpikir desain untuk secara efektif berinovasi.

Estetika merupakan hasil dari proses kerja yang rumit dan menyeluruh dan harus dilakukan dengan hati-hati, sederhana namun tetap apik” tulis Marc Kandalaft dalam artikelnya

Menyikapi digitalisasi serta bagaimana manusia kini berkomunikasi dan mencerna informasi brand Anda butuh untuk senantiasa untuk dipahami dan dilihat oleh masyarakat luas sembari terus berpegang pada identitas Anda, ciptakan positioning yang Anda inginkan mulai sekarang disini

---

Sumber: Entrepreneur, Marketeers

SHARE: