Sosial Media = Marketing Zaman Now

Apa social media marketing?
Singkatnya, social media marketing dapat didefinisikan sebagai metode untuk mendapatkan lalu lintas web, branding, dan menemukan target pasar melalui media sosial. Apa itu media sosial? Ini adalah situs web dan / atau aplikasi yang memungkinkan pengguna berbagi dan membuat konten atau informasi satu sama lain. Contoh media sosial media termasuk Facebook, Twitter, Instagram, Google+, blog, dan Pinterest. Ada banyak platform baru, terutama dengan aplikasi perangkat mobile.
Media sosial dapat membantu meningkatkan merek dan bisnis Anda. Dengan sistem komunikasi 2 arah, sosial media memiliki kelebihan dimana konsumen dapat memberikan feedback untuk brand Anda. Sosial media memudahkan konsumen untuk menyuarakan pendapat mereka. Feedback yang baik tentunya akan memiliki dampak awareness untuk brand Anda, namun perlu diingat, dengan mudahnya penyebarluasan konten di sosial media, tidak menutup kemungkinan akan ada ulasan ketidakpuasaan konsumen dengan brand Anda. Sehingga, hal ini memaksa perusahaan Anda untuk mengelola merek dengan lebih baik dalam hal kepuasan dan layanan pelanggan. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini fokus perusahaan salah satunya dicurahkan pada social media marketing.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa social media marketing merupakan pergeseran terbesar dalam perekonomian sejak Revolusi Industri. Media sosial menciptakan peraturan dan prinsip baru untuk pemasaran dan juga menciptakan aspek baru ekonomi: socialnomics. Socialnomics didefinisikan oleh penulis Erik Qualman sebagai fenomena dimana konsumen menemukan produk dan layanan melalui media sosial daripada mencarinya. Tip Qualman untuk bertahan di era baru ini: mengerti, menavigasi, dan beradaptasi dengan ekonomi baru ini.


Mengapa social media marketing penting?

1. Sosial Media membantu Anda mengeksplor konsumen dan target Anda

Anda perlu mengenal konsumen Anda agar dapat dengan tepat menyasar mereka. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa Anda bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media bahkan interest mereka. Informasi ini dapat diolah kemudian dimanfaatkan untuk proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Selain itu dengan fitur geotargetting, pencarian target konsumen Anda akan lebih efektif.

2. Sosial Media Membuka Pasar Baru

Sosial media seperti Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Anda bisa menggunakan fitur location agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis Anda. Gunakan fiitur #hashtags yang terkait dengan bisnis Anda, kemudian gunakan untuk menemukan calon konsumen yang sesuai.

3. Sosial Media Dapat Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine

Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media.Meskipun tidak signifikan tetapi media sosial juga bisa meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada search engine.

Sumber: Ortango, Progresstech

SHARE: