7 Kiat Membuat Iklan Bulan Ramadhan yang Sukses


Pemasar yang sukses memahami bahwa Ramadan dapat menjadi waktu yang sangat menguntungkan untuk melakukan kampanye pemasaran, jika dilaksanakan dengan benar untuk produk dan layanan yang tepat. Pemasar harus tahu target audiens mereka, menghormati keyakinan mereka, dan bekerja untuk mengembangkan kampanye kreatif yang selaras dengan tema Ramadhan sambil mendorong minat pembelian. Beberapa kiat yang dapat Anda lakukan dalam upaya marketing di bulan Ramadhan:


  1. Menghormati Budaya dalam Pesan Anda
    Pemasar harus berhati-hati ketika menentukan penggunaan pesan iklan apa selama Ramadhan dan harus memastikan iklan mereka selalu menghormati budaya dan tradisi Muslim. Dalam upaya untuk membuat iklan yang menarik, beberapa pemasar dapat salah dengan menggambarkan sesuatu atau mengatakan sesuatu yang oleh sebagian Muslim akan dianggap ofensif.

    Pemasar harus ingat bahwa Ramadhan adalah tradisi agama dengan ikatan emosional yang kuat dalam masyarakat yang harus dihormati. Semua pesan pemasaran harus ditinjau oleh beberapa penduduk setempat untuk mengonfirmasi bahwa itu tidak akan diartikan dengan cara yang salah dan merusak brand image Anda.


  2. Menggunakan simbol khas Ramadhan

Ramadhan memiliki beberapa simbol khas. Simbol ini biasanya diasosiakan dengan bulan Ramadhan. Anda dapat menggunakan beberapa simbol khas Ramadhan berikut ini:

  1. Bulan sabit

  2. Kurma

  3. Ketupat

  4. Bedug



    Source: Houston Press


  1. Keluarga adalah topik yang “hot”

Biasanya, iklan di bulan Ramadhan memiliki tema besar khusus. Buatlah iklan yang menggugah, salah satu topik terbaik selama Ramadhan adalah keluarga.

Topik keluarga sangat mudah menggugah emosi audiens. Baik tersirat maupun tersurat, iklan Ramadhan dapat menggunakan nilai kebersamaan, kebaikan, berbagi, seperti iklan yang menggambarkan nikmatnya buka puasa bersama, bahagianya pulang kampung dan bertemu keluarga tercinta, dll.



Source: Youtube

  1. Menggunakan Pembagian Waktu

Hal ini cukup sederhana namun penting mengingat di bulan Ramadhan orang lebih sering menggunakan pembagian hari sebagai pre-post Iftar dan pre-post Sahur.



Source: twitter.com/pocariID

  1. Ucapan Khusus

Di bulan Ramadhan, Anda dapat mengucapkan ungkapan khusus seperti dibawah ini:

  1. Ramadan Kareem

Mungkin adalah ucapan yang paling sering digunakan selama Ramadhan dengan tanggapannya Allah Akram (Tuhan lebih murah hati). Sebagian besar iklan yang akan Anda lihat selama Ramadhan menggunakan kalimat ini.



Source: Arcs&Curves


Beberapa pengiklan mencoba menggunakan ucapan ini untuk menyampaikan bahwa Ramadan adalah saat Anda harus bermurah hati kepada diri sendiri dengan mobil baru, pakaian, atau beberapa produk lainnya.

  1. Ramadan Mubarak

Ramadhan Mubarak berarti “Bulan Ramadhan yang Berkah.” Cukup jarang penggunaan frasa ini di iklan namun Anda boleh menggunakannya.


  1. Anggaran Iklan Ramadhan
    Mengingat meningkatnya koneksi antara bulan Ramadhan dan peningkatan konsumerisme, perusahaan yang fokus pada konsumen biasanya meningkatkan pengeluaran iklan mereka selama sebulan. Studi menunjukkan peningkatan rata-rata sekitar 20% selama bulan Ramadhan dibandingkan belanja iklan bulanan normal.

Dengan meningkatnya permintaan untuk ruang iklan, sangat penting bahwa pengiklan memahami tempat untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi pembelanjaan iklan mereka atau mereka dapat dengan mudah melihat pengeluaran tambahan mereka menghasilkan hasil yang menurun.


  1. Persiapkan Idul Fitri

Saat Ramadhan berakhir, minat belanja masyarakat akan meningkat. Ini karena Idul Fitri adalah waktu untuk merayakan dan berbagi dengan orang lain. Barang yang sering dibeli menjelang Idul Fitri adalah pakaian & elektronik. Bersiaplah untuk peningkatan minat belanja ini dengan menerapkan strategi dalam materi iklan dan perencanaan anggaran Anda.



Source: roihunter.com

Pada akhirnya, seperti halnya season khusus, hal yang paling penting dilakukan adalah memiliki rencana strategi untuk menghadapi perubahan perilaku selama Ramadhan dan bersedia untuk beradaptasi seperlunya. Ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil terbaik.


References: istizada.com, smartly.io

SHARE: