Ingin Mengkampanyekan Brand Anda? Berikut 6 Langkah Yang Harus Diperhatikan

Brand campaign dan hal-hal yang harus Anda perhatikan

Anda tentu butuh untuk mengkampanyekan brand Anda untuk dapat menciptakan positioning yang diharapkan, atau mungkin pada tahap awal bisnis Anda suatu kampanye yang sustain dan berkelanjutan tentu akan dibutuhkan untuk menciptakan awareness pada audiens Anda, objektif dan harapan Anda tentu agar masyarakat dapat mengerti dan sadar akan adanya brand Anda.

Dalam menciptakan kampanye brand Anda terdapat tiga hal yang arus Anda perhatikan: target audiens, key visual, dan key message. Simak tips-tips berikut untuk memulai kampanye brand Anda:

  1. Memahami audiens Anda dan pecahkan masalah mereka

Anda harus tahu siapa audiens Anda dan lakukan engagement. Dengan masalah yang dihadapi audiens, posisikan brand Anda sebagai jawaban atas masalah mereka. Lakukan interaksi dan cari tahu apa yang audiens Anda suka, bagaimana habbit mereka, seperti apa gaya bahasa mereka, dan media apa saja yang biasa mereka gunakan untuk berinteraksi. Dengan data-data demikan Anda dapat menyasar audiens Anda dengan pesan yang tepat.

  1. Temukan pesan yang otentik dan dapat melekat dalam benak audiens.

Buat kampanye yang mudah diingat oleh audiens. Dengan tingginya awareness audiens terhadap kampanye brand Anda, maka semakin dikenal pula nama brand Anda.

  1. Memilih media yang tepat dan sampaikan pada moment yang tepat.

Sesuaikan gaya kampanye Anda dengan channel sosial media yang digunakan. Untuk customer yang usianya di 25 tahun, mereka cenderung lebih loyal dibanding dengan mereka yang di bawah 25. Anda bisa fokus memberikan customer service kepada mereka yang usianya di atas 25 dan menggunakan kampanye sosial media untuk customer yang usianya di bawah 25 tahun. Untuk customer service, sudah banyak brand yang juga memanfaatkan sosial media seperti Twitter dan Instagram sebagai layanan aduan.

  1. Ekspresikan ide dalam cara yang berbeda dan relevan dengan brand Anda.

Kampanye yang menarik adalah kampanye yang kreatif, unik dan berbeda dengan brand lain namun tetap relevan dengan brand dan nilai yang dibawanya.

  1. Pengukuran kinerja dan optimasi terus menerus.

Memantau kampanye Anda sangat penting untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda, lakukan riset mengenai kelebihan dan kekurangan dari kampanye Anda yang telah berlangsung untuk perbaikan dan penyempurnaan kampanye selanjutnya. Terdapat beberapa parameter yang bisa menjadi acuan Anda, seperti: impresi, engagement atau aktivitas, traffic, dll.

Perlu dicatat bahwa parameter atau key metrics yang sudah disebutkan diatas kembali lagi pada objektif masing-masing dari kampanye Anda, tiap kampanye dapat memiliki objektif dan key metrics yang berbeda.

  1. Jangan lupakan kampanye offline

Terdapat banyak faktor yang menjadi parameter keberhasilan kampanye brand Anda, terkadang kegiatan online saja tidak cukup, perlunya simbiosis antara kegiatan online dan offline pun akan dibutuhkan. Banyak media dan cara untuk mengkomunikasikan kampanye brand Anda pada audiens, apabila biaya untuk mencetak print ads mengocek budget terlalu banyak, Anda dapat memanfaatkan DOOH (Digital Out Of Home) advertising. Optimalkan aktivitas kampanye anda disini dan cari tahu mengapa media offline dapat memberikan impresi lebih pada kampanye brand Anda.


Sumber: Digital Marketer

SHARE: