5 Parameter Mengukur Keberhasilan Marketing

Untuk mengukur keberhasilan marketing, perlu digunakan parameter yang akan memperjelas pencapain Anda selama ini. Berikut 5 parameter mengukur keberhasilan marketing yang dapat Anda gunakan.

1. Website Traffic

Anda perlu menghitung traffic pada website Anda, termasuk social referral dan organic search traffic. Track seberapa banyak traffic menjadi leads, dan bagaimana leads tersebut menjadi pipeline dan revenue (pengasilan). Cara ini adalah jalan terbaik untuk menunjukkan keberhasilan dari konten, bloging, linking dan social outreach benar-benar memiliki pengaruh secara mendasar.


Salah satu alat untuk mengukur Website Traffic adalah Google Analytics dan SimilarWeb. Google Analytics mengukur performa website dari mulai basic traffic seperti visit, page view, pages/visit, bounce rate, dantime on site hingga kriteria yang lebih lanjut seperti e commerce, advance segment, loyalty dan campaign tracking. Yang paling menarik, semua fitur ini disediakan secara gratis oleh Google Analytics.

Bergabung dengan Google Analytics juga relatif mudah. Anda tinggal mendaftarkan akun Google Anda pada Google Analytics kemudian mendaftarkan website yang ingin Anda ketahui performanya. Setelah terdaftar, Google Analytics akan memberikan kode untuk dipasang pada setiap halaman website Anda, dan dalam kurun waktu 1×24 jam setelah kode Google Analytics dipasang, Anda akan langsung melihat hasilnya.

2. Sales

Tujuan utama marketing salah satunya yaitu adanya peningkatan penjualan/sales. Pertumbuhan penjualan menunjukan sejauh mana perusahaan dapat meningkatkan penjualannya dibandingkan dengan total penjualan secara keseluruhan. Maka penting untuk menghitung penjualan agar dapat diketahui program marketing yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Selain melihat hasil penjualan, Anda juga perlu memantau coverage dari brand Anda, wilayah pemasaran dan distribusi yang semakin luas serta merata sesuai rencana dan target pemasaran adalah indikator keberhasilan marketing.


3. Time spent on site

Setelah mengetahui traffic website, Anda juga harus memperhatikan time spent on site. Time spent on site atau waktu rata-rata di situs adalah jenis laporan yang menyediakan data tentang lamanya waktu (dalam hitungan menit atau detik) yang dihabiskan pengunjung di situs web Anda. Penting untuk mengetahui time spent on site untuk mengukur ketertarikan pengunjung terhadap website dan produk atau jasa yang Anda tawarkan di dalamnya.


Saat melihat analisis Web Anda, penting untuk diingat bahwa hasilnya dapat rancu karena dalam beberapa kasus, pengunjung mungkin telah berinteraksi dengan konten situs dan halaman Anda sebelumnya atau mereka membiarkan jendela browser terbuka dan tidak benar-benar melihat halaman Anda.

4. Subscriber growth

Jumlah subscriber menjadi hal yang vital untuk mengukur keberhasilan marketing yang telah Anda lakukan. Anda bisa menggunakan referensi berikut untuk menghitung jumlah pertumbuhan subscribe. Selain mengetahui pertumbuhan subscriber, sangat penting untuk memiliki database aktif dari subsciber. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis ke depannya. Manfaatkan kontak mereka baik email, maupun nomor telpon untuk melakukan strategi marketing misalnya mengirim newsletter atau promosi. Jika Anda tidak memiliki kelompok orang yang tertarik dan berminat yang berlangganan ke situs Anda sekarang, tentukan rencana untuk mendapatkannya. Membangun komunitas yang aktif merupakan pilar kesuksesan marketing.

5. Engagement, not just reach

Jika reach atau jangkauan didefinisikan sebagai ukuran total audiens yang dapat Anda jangkau, termasuk pengikut Twitter, penggemar Facebook, pengikut LinkedIn, pelanggan blog, dan daftar email Anda. Namun yang harus diperhatikan, hanya karena seseorang mengikuti Anda tidak berarti mereka terlibat dengan merek Anda. Social engagement menjadi lebih penting lagi karena calon pembeli menggunakan dan belajar di situs sosial media. Untungnya, Facebook juga melaporkan pengguna yang terlibat melalui sebuah metrik yang mereka sebut "People Talking About This" untuk menunjukkan jumlah total posting ke Wall halaman Anda, suka, komentar, atau berbagi pada posting Anda; jawaban atas pertanyaan, dll. Hal ini penting, karena semakin banyak orang membicarakan halaman Anda, semakin banyak pembaruan Anda yang akan muncul di feed berita utama penggemar Anda. Alat lain seperti Feedburner menunjukkan metrik serupa untuk keterlibatan, tidak hanya jangkauan.

SHARE: