3 Teknik Word of Mouth yang Dapat Meningkatkan Growth Perusahaan

Apakah Anda ingin lebih banyak orang merekomendasikan produk Anda? Apakah Anda ingin memaksimalkan pemasaran dari mulut ke mulut? Menurut Nielsen, format konten promosi yang paling tepercaya adalah “Rekomendasi dari orang yang dikenal,” sebesar 83%. Sementara situs web berada di posisi kedua dengan 70%, dan opini konsumen berada di peringkat ketiga dengan 66%.
Ini masuk akal mengingat orang tentu saja akan lebih mempercayai apa yang orang lain katakan (yang tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan Anda), jauh sebelum mereka mempercayai apa yang perusahaan anda katakan. Dan rekomendasi ini bahkan lebih efektif ketika dibuat oleh teman dan keluarga, mereka yang paling dipercaya.
Menghasilkan lebih banyak word of mouth adalah tujuan dari semua kampanye pemasaran. Sasarannya adalah agar orang-orang dapat melihat pesan merek Anda, mencoba produk Anda, dan memberi tahu semua teman tentang hal itu. Atau Anda bisa melewatkan bagian produk dan mengarahkan mereka untuk membagikan pesan Anda. Meskipun kurang kuat untuk mendorong penjualan daripada dukungan berdasarkan pengalaman nyata dengan produk, setidaknya, Anda mendapatkan brand awareness.


Simak 3 metode berikut yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan merek Anda melalui pemasaran word of mouth:

1. Dapatkan dukungan karyawan
Berapa kali Anda ditanya di mana Anda bekerja atau bagaimana pekerjaan berjalan? Hampir semua orang menanyakan hal ini. Sekarang bayangkan jika orang bertanya kepada karyawan Anda pertanyaan ini dan mereka menjawab bahwa mereka bahagia, hal ini dapat menciptakan kesan positif tentang perusahaan Anda.



Dalam menghadapi pertanyaan tersebut, Anda harus membekali karyawan Anda dengan berita terbaru tentang perusahaan Anda. Bagikan semuanya mulai dari peluncuran produk terbaru, proyek, penawaran, kemitraan, dan lainnya, melalui email dan media sosial. Untuk menghindari pesan yang tidak terbaca dan pesan Anda bisa hilang. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan platform advokasi karyawan.
Platform advokasi karyawan memungkinkan Anda untuk berbagi berita perusahaan, untuk menjaga karyawan Anda tetap up to date. Platform ini juga memudahkan karyawan Anda untuk membagikan konten ini dengan khalayak media sosial mereka sendiri, yang dapat meningkatkan jangkauan konten dan merek Anda sepuluh kali lipat.
Salah satu platform advokasi karyawan yang dapat Anda gunakan adalah Smarp. Aplikasi web dan aplikasi seluler yang menyertainya memudahkan untuk menambahkan konten agar karyawan Anda tetap mendapat informasi. Mereka juga dapat langsung membagikan ulang konten dari dasbor di Facebook, Twitter, Linkedin dan lebih banyak jaringan sosial. Karyawan juga dapat berkomunikasi satu sama lain dan juga kepada Anda melalui aplikasi.


2. Influencer eksternal untuk berbagi
Influencer adalah metode lain untuk meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut, karena orang-orang mempercayai influencer media sosial bahkan seringkali menindaklanjuti rekomendasi produk mereka.



Sebagai contoh, LG menjalankan kampanye influencer dengan bermitra dengan influencer fotografi untuk mempromosikan smartphone baru dengan fitur kamera yang kuat. Melalui kampanye ini, LG menjangkau 3,2 juta orang, mendapat lebih dari 1,2 juta suka (likes) dan komentar, serta mereka berhasil menjual 200.000 smarthphonenya hanya dalam 10 hari.


Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari influencer:

  • Melihat elemen lain diluar jumlah followers

Menemukan influencer dengan banyak pengikut tentu saja diperlukan, lebih banyak pengikut akan mendapatkan jangkauan yang lebih tinggi. Namun Anda perlu melihat metrik lain: engagement. Anda tidak ingin hanya menemukan profil yang memiliki pengikut dalam jumlah besar, tetapi jumlah engagement yang bagus. Semakin tinggi engagement menunjukkan bahwa orang lebih mempercayai influencer, dan ini akan membuat Anda lebih kuat dalam penjualan.

  • Pastikan mereka relevan

Hanya mencari orang dengan banyak pengikut dan engagement tinggi tidak akan berhasil. Produk Anda juga harus dipromosikan oleh influencer yang relevan.

  • Hanya memiliki satu tujuan utama

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye Anda, Anda harus memiliki satu tujuan utama, tujuan besar saja. Anda dapat memiliki beberapa sasaran sekunder jika ingin, tetapi Anda juga perlu memastikan bahwa ini tidak mengganggu tujuan utama.

  • Minta mereka menyebutkan brand Anda

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda ke dalam post yang bersponsor tersebut, pastikan bahwa influencer Anda bekerja dengan menandai halaman media sosial / akun Anda di post. Ini akan mendorong followers mereka menjadi followers Anda juga. Sehingga kemudian, Anda dapat membangun hubungan dengan mereka juga. Salah satu hal yang juga penting adalah penggunaan hashtag untuk tracking, hashtag seperti #ad atau #sponsored juga berguna agar tidak ada masalah lain ke depannya.

3. Adakan kontes
Tidak bisa dipungkiri, mengadakan kontes dengan hadiah masih sangat menarik perhatian. Dan tentunya hal ini dapat menghasilkan banyak word of mouth. Setelah seseorang mengambil bagian dalam kontes, Anda juga dapat meminta mereka untuk membagikannya di sosial media, selain menghasilkan word of mouth tentang kontes, juga menambah awareness brand Anda.