11 Langkah Action Plan bagi Startup

Bagi Startup, mengawali strategi marketing dalam peluncuran brand bukanlah hal yang mudah. Mengingat minimnya pengalaman dan keterbatasan sumber daya baik dari segi manusia dan budget yang tersedia. Jika Anda ragu hal apa saja yang penting untuk Anda lakukan, berikut 11 step yang dapat Anda jalankan selama kurang lebih 18 bulan pertama.


Tahap 1 - Strategic Positioning, Brand dan Web


1. Strategic Positioning

Langkah pertama dalam program peluncuran produk / merek yang sukses adalah latihan positioning yang strategis, termasuk simulasi pasar target pengguna awal. Positioning yang benar sama pentingnya dengan mengarahkan senjata Anda ke arah yang benar di awal serangan.

Mulailah dengan mendefinisikan 'kategori' produk / layanan Anda ada dan kemudian petakan ke manfaat produk utamanya, core value dan perbandingan dengan pesaing. Setelah itu lanjutkan dengan membuat pesan inti, strategi peluncuran, rencana, dan sasaran - setidaknya untuk langkah awal, Anda perlu membuat perencanaan jangka waktu 12-24 bulan.

Teruslah tanyakan: 'siapa sebenarnya pelanggan saya dan mengapa sebenarnya mereka harus membeli dari saya?'


2. Pengembangan merek

Dalam dunia dengan persaingan tanpa akhir ini, branding adalah segalanya. Nama, logo, dan URL Anda harus menonjol dan benar-benar 'berarti sesuatu'. Kembangkan kreativitas untuk mengembangkan nama merek, ikonografi dan / atau logo yang paling sesuai dan mulai dengan URL yang tersedia.




Jika Anda sudah memiliki nama dan URL yang benar, maka berikan tampilan dan nuansa yang tepat - buat logo yang menarik yang memikat karyawan, pelanggan, dan mitra sejak hari pertama.


3. Hadir di Web

Di era media sosial dan pemasaran digital, kehadiran web Anda lebih penting dan lebih rumit dari sebelumnya. Anda tidak hanya membutuhkan situs fungsional, tapi juga memerlukan situs web canggih yang dapat melakukan banyak peran. Pikirkan situs web Anda sebagai 'aplikasi' pelanggan, bukan hanya untuk informasi.

Anda juga memerlukan situs blog yang kaya, halaman Fan Facebook yang dinamis, dan halaman Twitter yang tepat. Keberadaan Web Anda juga harus dipastikan tepat sebelum diluncurkan. Konten dan struktur bersifat sangat penting, tambahkan kata kunci yang paling relevan, tag SEO, dan elemen visual. Tentu saja, dengan semakin gencarnya akses internet seluler dan e-commerce, Anda perlu memastikan situs web Anda sepenuhnya responsif terhadap semua perangkat pengguna, baik itu desktop, laptop, seluler, atau tablet.


Tahap 2 - Blogging, PR, Video, dan SEO


4. Strategi Blog

Tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa blog yang sukses. Dari 2009 hingga 2012, persentase responden dengan blog perusahaan meningkat dari 48% menjadi 62%. Kuncinya, jangan sampai ketinggalan! Blogging adalah inti dari strategi pemasaran dan komunikasi 'sosial' modern.


Blogging dapat meningkatkan posisi strategis perusahaan, mempromosikan produk / layanannya, meningkatkan kepercayaan, mendefinisikan pesan, dan manfaat. Blog adalah pijakan awal bagi strategi marketing Anda - pastikan itu cocok untuk Anda. Situs blog harus diatur dengan benar, dirancang secara profesional dan dikelola dengan ketat. Strategi editorial perlu dikembangkan, penulis ditunjuk, dan konten direncanakan dan diproduksi dengan hati-hati.


5. PR digital dan kemitraan

Untuk mendukung dan mendorong kehadiran web perusahaan dan aktivitas pemasaran media sosial, PR digital dan program kemitraan perlu dilakukan, tidak hanya untuk mendorong komunikasi, traffic, jaringan dan kemitraan tetapi juga untuk memantau percakapan, word of mouth (WOM) dan reputasi online.

Teknik PR digital mutakhir seperti viral, crowdsourcing, komunitas dan WOM harus dikuasai untuk meningkatkan kinerja PR digital harian dan mekanisme kemitraan yang terbentuk. Dalam PR digital, Anda harus menyertakan komunikasi pelanggan dan bisnis serta standar blogger dan jangkauan media.


6. Video viral dan pemasaran gerilya

Program video viral dan pemasaran gerilya (baik untuk B2B dan B2C) yang dilakukan dengan cara yang benar dapat membantu memperkuat dan meningkatkan awareness dan WOM. Video harus diproduksi dan dieksekusi secara hati-hati karena jika dilakukan dengan cara yang salah atau terlalu cepat maka dapat menjadi bumerang.

Video viral adalah tentang ide orisinal, konten, dan produksi yang luar biasa - dan ingat humor yang nyata hampir selalu berhasil. Contoh bagus dari video viral yang murah dan inventif adalah First Kiss, dari Wren Studios, yang hanya berharga $ 1300 untuk diproduksi dan pada saat penulisan telah mencapai lebih dari 91 juta kali. Salah satu iklan menarik dari Indonesia adalah iklan bukalapak.com yang menjadikan CEO nya sebagai talent, dan menggunakan latar studio biasa untuk pengambilan video.




7. SEO dan membangun tautan

Semantik serta algoritma SEO harus diterapkan untuk memastikan bahwa keberadaan Web, blog, PR digital, dan aktivitas pemasaran media sosial Anda memiliki pondasi teknis yang kuat dan diperkuat secara efektif dengan network dynamics diberikan oleh Internet.

Strategi penyebaran tautan harus dikoordinasikan dengan ketat dengan PR digital dan program pemasaran media sosial. Kata kunci penting - teliti, kembangkan, luaskan, dan dorong konten Anda.


Tahap 3 - Periklanan


8. Iklan Online

Sekarang setelah Anda tahu lebih banyak tentang merek, produk / layanan, pasar, prospek, pengguna, klien, dan mitra Anda setelah peluncuran, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengembangkan program periklanan yang efektif.

Program Google AdWords adalah tempat terbaik untuk memulai karena biaya efektif, fleksibel, berorientasi pada hasil, dan dapat ditentukan skalanya. Iklan Facebook dan kampanye OOH advertising dapat dipertimbangkan dan dikembangkan.


9. PR Strategis

Jika diumpamakan, kegiatan PR digital membentuk roti dan mentega PR hari ini. Untuk benar-benar menonjol, dibutuhkan beberapa topping. Inisiatif PR untuk secara strategis mendorong peristiwa, atau mendorong riset, kampanye kesadaran profil dengan media besar dan peristiwa berdampak tinggi dapat dikembangkan setelah merek dan produk / layanan Anda ditetapkan. Dengan cara ini Anda kemungkinan besar mendapatkan respons dan pengakuan yang diperlukan.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyasar pembaca, media yang relevan, ke konferensi kritis dan kemudian radio dan TV. Ditargetkan secara tepat untuk menargetkan peristiwa 'dampak besar'. PR semacam ini adalah topping bukan kue.


10. Kampanye crowdsourcing

Kampanye crowdsourced telah menjadi panah kunci lain dalam pemasaran sosial. Merek besar dan UKM memanfaatkan kekuatan crowd untuk gagasan kampanye berdasarkan kontes serta pengembangan dan pemasaran konten viral. Crowdsourcing juga dapat digunakan untuk pengembangan bisnis yang efektif biaya, riset pasar, pengumpulan pendapat, dukungan layanan pelanggan dan banyak lagi.


11. Speaking dan Briefing

Setelah reputasi dan awareness terhadap brand Anda dikembangkan, program pengarahan dalam berbicara dan analis / media yang sangat bertarget harus dikembangkan untuk memastikan bahwa merek Anda tetap dingat dan relevan. Sekarang Anda harus mengembangkan konten dan inisiatif yang mendorong posisi kepemimpinan Anda di pasar.



Mengikuti rencana ini ketika meluncurkan program pemasaran untuk startup Anda akan membantu memastikan Anda memiliki peluang terbaik untuk sukses. Untuk kiat dan informasi lebih lanjut tentang cara meluncurkan startup, lihat Innovate ™, program startup online terkemuka dunia yang digunakan oleh ribuan kreatif, wirausaha, dan pakar inovasi di seluruh dunia.


SHARE: